Cara Jitu Agar Nilai Kita Bagus Disekolah

Mendengarkan guru saat berada di kelas, menyelesaikan ujian, dan mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) adalah kegiatan umum yang dilakukan semua remaja bersekolah.

Namun, tak sedikit remaja yang mengaku sulit fokus dan berkonsentrasi saat berada dalam kelas.

Ternyata, menurut eksperimen dari University of Nevada yang dipublikasikan dalam Journal of General Psychology ada satu cara ampuh meningkatkan konsentrasi remaja saat belajar di sekolah. Rahasianya adalah guru yang tampan atau cantik.

Eksperimen ini melibatkan 131 siswa sekolah dan mahasiswa. Mereka diminta untuk mendengarkan pelajaran fisika dari buku audio.

Para responden diperlihatkan foto guru selama mendengarkan buku audio. Selanjutnya, mereka mengerjakan ujian selama 20 menit.

Ternyata, responden yang kebagian melihat foto guru tampan atau cantik berhasil memperoleh nilai ujian lebih tinggi daripada responden yang melihat foto guru sudah tua.

Rata-rata nilai responden yang melihat foto guru menawan mendapatkan nilai 18,27. Sementara itu, responden yang melihat foto guru kurang menarik hanya mendapatkan nilai 16,68.

Studi juga melaporkan, remaja yang memiliki guru tampan atau cantik berhasil mendapatkan nilai evaluasi lebih tinggi.

Para peneliti melampirkan catatan yang mengatakan bahwa hasil studi tidak dipengaruhi oleh adanya ketertarikan emosional antara guru dan murid.

“Tidak ada ketertarikan antara lawan jenis mempengaruhi eksperimen. Namun, guru dengan penampilan rapi dengan wajah rupawan memang menjadi daya tarik tersendiri pada murid pria atau wanita,” jelas Dr Richard Westfall, Ketua Penulis.

0 Response to "Cara Jitu Agar Nilai Kita Bagus Disekolah"

Posting Komentar