Manfaat Nonton Tayangan Olah Raga

Kabar baik bagi semua orang yang malas berolahraga dan lebih senang duduk di depan televisi. Sebuah penelitian mengungkap bahwa menonton tayangan olahraga juga bisa membuat tubuh lebih bugar dan memberikan efek baik seperti sedang melakukan olahraga betulan.

Hal ini tak hanya berlaku ketika menonton televisi yang menayangkan olahraga, melainkan juga ketika melihat orang lain melakukan olahraga secara langsung, seperti diungkap oleh Daily Mail (25/11).

Hasil ini didapatkan oleh peneliti dio University of Western Sydney setelah mereka mengamati detak jantung dan napas orang yang tengah melihat video olahraga. Peneliti menemukan bahwa detak jantung orang yang menonton olahraga meningkat, begitu juga dengan napas mereka.

Tak hanya napas dan detak jantung, saraf otot pada tubuh juga lebih aktif seolah-olah mereka tengah melakukan olahraga betulan. Namun detak jantung dan napas kembali normal setelah mereka berhenti melihat tayangan olahraga.

"Kami mengetahui bahwa aktivitas sistem saraf simpatik meningkat ketika seseorang melakukan olahraga. Kini kami mengetahui bahwa efek sama juga terjadi ketika orang melihat tayangan olahraga," ungkap Vaughan Macefield, profesor dari Integrate Psychology di University of Western Sidney.

Meski begitu, peneliti juga menjelaskan bahwa efek yang didapatkan dari melihat tayangan olahraga tak sebesar ketika orang melakukan olahraga secara langsung. Untuk itu, jangan terburu-buru menghentikan kebiasaan olahraga yang Anda lakukan dan hanya duduk menonton tayangan olahraga.

0 Response to "Manfaat Nonton Tayangan Olah Raga"

Posting Komentar