Domba Diserang Anjing Liar

Sejumlah ternak domba di Kota Batu, Jawa Timur ditemukan mati dengan keadaan penuh luka. Diduga ternak-ternak itu diserang anjing liar yang berkeliaran di kota wisata tersebut. Anjing liar tersebut diduga berasal dari beberapa hutan di Kota Batu.

Hingga saat ini, domba yang mati sudah berjumlah 12 ekor domba. "Dugaan awal, domba yang mati itu, diserang oleh hewan buas alias anjing liar," kata Sugeng Pramono, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kota Batu, Rabu (4/4/2012).

Dugaan serangan anjing liar tersebut memang masih belum bisa dibuktikan oleh pihak Distanhut. Meskidemikian, lanjut Sugeng, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para peternak untuk melakukan sejumlah langkah antisipasi agar tidak terjadi peristiwa serupa.

Langkah antisipasi tersebut berupa menambah lampu penerangan di sekitar kandang ternak, dan memperkuat pagar kandang agar tidak mudah dimasuki hewan liar. "Antisipasi itu, bertujuan agar tidak ada lagi peristiwa ternak mati yang diduga diserang anjing liar," katanya.

Untuk tahun anggaran 2012, pihak Distanhut Kota Batu, belum bisa memberikan bantuan. Namun warga dipersilakan untuk membuat proposal permohonan bantuan untuk mendapatkan bantuan. "Tahun depan bisa direalisasikan," ujarnya.

Program bantuan ternak pengganti domba yang mati tersebut katanya, akan dimasukkan melalui program bantuan kemasyarakatan untuk jenis ternak. "Karena APBD 2012 sudah disahkan, maka bantuan baru bisa pada tahun depan," aku Sugeng.

Terakhir, domba yang mati akibat serangan hewan buas adalah milik Solikul Mashuri, warga Dusun Jamburejo, Desa Beji, Kecamatan Junrejo. "Empat domba saya mati dan satu domba luka-luka. Di tubuh domba yang mati itu, terdapat bekas luka semacam tusukan di dekat leher. Juga ada bekas gigitan disejumlah kakinya," cerita Solikul kepada media, Rabu (4/4/2012) pagi.

Bangkai dua ekor domba milik Solikul itu, ditemukan 10 meter hingga 15 meter dari kandangnya. "Kalau domba lainnya ditemukan mati di dalam kandang. saya rugi Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta," keluhnya. Peristiwa serupa sudah perna terjadi pada awal Februari lalu, yakni terjadi di Dusun Tutup Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo. Pada kejadian itu, juga ada belasan domba yang mati akibat digigit anjing liar tersebut.

0 Response to "Domba Diserang Anjing Liar"

Posting Komentar