Kedai Rakyat 1 Malaysia

Bila Indonesia populer dengan pasar induk atau pasar tradisionalnya yang menjual berbagai produk lokal, Malaysia menyajikan nuansa berbeda dengan dengan membuka pasar swalayan bernama ‘Kedai Rakyat 1 Malaysia.’ Pasar swalayan ini dibangun massal di seantero Malaysia.

Kedai Rakyat 1 Malaysia adalah toko dengan format mini market yang menyediakan berbagai kebutuhan pokok dengan harga murah. Kedai Rakyat ini juga sekaligus menjadi medium bagi pemerintah Malaysia untuk mengendalikan harga dan mengurangi monopoli produk yang telah lama didominasi oleh produsen multinasional.

Nama ‘1 Malaysia’ diambil sebagai judul pasar swalayan itu, sesuai dengan slogan Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak. Produk lokal berlabel ‘1 Malaysia’ juga menjadi ciri khas pasar swalayan ini. Istimewanya, Kedai Rakyat 1 Malaysia sepenuhnya dibuka pemerintah Malaysia untuk menyejahterakan rakyat mereka, sehingga harga di sana lebih murah 50 persen dari pasar swalayan umum.

Tahun 2011 lalu, pemerintah Malaysia meresmikan setidaknya 26 unit Kedai Rakyat 1 Malaysia yang tersebar di seluruh Malaysia. Tahun 2012 ini, mereka menargetkan pembukaan 86 unit lainnya di berbagai wilayah Malaysia. Tak hanya itu, pemerintah juga memberikan bantuan keuangan untuk membangun dan menata pasar swalayan istimewa itu.

0 Response to "Kedai Rakyat 1 Malaysia"

Posting Komentar